Test Footer 2

11:35
0

Filum: Protozoa
Subphylum: Ciliophora
Kelas: Cyrtophora
Subclass: Phyllopharyngea
Urutan: Cyrtophorida
Keluarga: Chiliodonelllidae
Genus: Chilodonella

Parasit jenis ini memiliki ciri-ciri berukuran 80 μm, berbentuk oval dengan bagian ventral rata, dorsal cembung dan memiliki cilia, hidup secara eukariota uniseluler atau berkoloni. Parasit jenis protozoa ini hidup pada lingkungan air atau daerah yang mengandung kelembaban dengan suhu optimal antara 0,5 s/d 20oC. Protozoa ini tidak dapat hidup tanpa inang dalam tenggang waktu antara 12 s/d 24 jam, namun dalam bentuk kista mampu bertahan lama dan sewaktu-waktu siap untuk tumbuh polulasi aktif jika ada keadaan yang memungkinkan. Kista akan menetas secara baik pada suhu air 9oC. 
Chilodonella yang menyerang ikan akan hidup pada mukosa dan system sekresi pada ikan. Parasit ini lebih banyak menginfeksi pada bagian permukaan tubuh ikan dibandingkan pada insang dan infeksi pada tubuh ikan banyak didukung oleh suhu yang rendah. Pada tingkat serangan yang parah, protozoa ini dapat menyebabkan luka-lupa pada kulit yang terkena infeksi dan lapisan mukosa menjadi kusam.
Chilodonella adalah pathogen oportunistik, yaitu pathogen yang mengambil keuntungan dari inang yang ditempelinya. Pemicu dari penularan protozoa ini adalah tingkat kepadatan yang tinggi dan kualitas lingkungan yang buruk.